Yoyahijab.com – Penolakan Presiden Amerika Serikat Donald Trump terhadap seluruh imigran Somalia yang berada di Minnesota tak berlaku bagi wanita muslim keturunan Somalia, Ilham Omar (35).

Dilansir Theguardian, bahwa Omar mampu menjadi wanita muslim pertama yang berhasil masuk sebagai anggota parlemen di Negara Bagian Minnesota, Amerika Serikat setelah mengungsi ke AS 20 tahun silam.

Omar seakan memberikan pembuktian kepada Donald Trump atas sikapnya kerap mengucilkan umat muslim di Amerika.

Omar kerap dipandang sebelah mata pada awal karir politiknya. Namun, Omar yang berasal dari Partai Buruh-Tani Demokrat mengalahkan lawan politiknya pada partai yang sama, Mohamud Noor serta anggota DPR Petahana, Phyllis Kahn dengan perolehan jumlah suara tipis.

“Kemenangan ini adalah kemenangan kami. Mari kita rayakan. Namun tugas belum usai. Kami akan terus membangun wilayah Minnesota untuk lebih sejahtera dan adil,” ujar Omardalam pidato kemenangannya.

Istri dari Ahmed Nur Said Elmi menghabiskan empat tahun di sebuah kamp pengungsi di Kenya sebelum akhirnya berimigrasi ke AS saat usianya 12 tahun. Ia pun mengungkapkan kekecewaannya selama ini karena menemukan ketidaksetaraan ras, ekonomi dan intoleransi agama di Amerika Serikat.

“Demokrasi kita besar akan tetapi rapuh,” tutur Omar.