Yoyahijab.com – Hijab telah menguasai pangsa pasar dunia mode, khusunya bagi umat muslim. Banyak umat muslim yang semakin tertarik untuk mengenakan hijab baik dari kalangan remaja, dewasa atau tua. Hal ini dilatar belakangi oleh perkembangan fashion muslim yang terlihat trendy dengan berhijab.

Cara memilih hijab yang pas untuk wajah perlu diketahui, karena tidak semua model cocok dengan wajah. Agar terlihat serasi dengan bentuk wajah, maka perlu memadukan beberapa hal seperti warna, motif serta ukuran. Selain itu, juga perlu memperhatikan bahan hijab itu sendiri agar lebih nyaman saat digunakan.

Berikut akan dijabarkan mengenai cara memakai hijab sesuai dengan bentuk wajah

Hijab bagi wajah lonjong

Untuk yang memiliki wajah lonjong, hindari hijab yang bergaya turki sebab gaya ini memperlihatkan sebagian besar dahi sehingga bentuk wajah akan tampak lebih panjang. Pilihlah model hijab dan inner yang mampu menutupi sebagian area dahi seperti model pashmina yang terbuat dari bahan katun yang agak tebal sehingga wajah tampak kian berisi.

Hijab untuk wajah oval

Tidak ada tips khusus dalam memilih hijab yang cocok untuk bentuk wajah oval sebab semua model hijab cocok untuk bentuk wajah oval. Agar terlihat lebih serasi, dapat dipadukan dengan warna model yang sesuai.

Hijab untuk wajah persegi

Bagi yang memiliki wajah persegi maka sebaiknya memperhatikan sudut-sudut wajah saat mengenakan hijab sehingga bentuk wajah akan tampak makin halus dan tidak terlalu tegas. Model hijab yang cocok adalah pashmina dengan bahan chiffon.

Untuk menciptakan kesan wajah lebih oval maka harus menutup sebagian rahang pipi bagian bawah dengan hijab atau inner yang dikenakan. Cara seperti ini akan memberikan kesan muka semakin oval.

Hijab untuk wajah bulat

Jika memiliki wajah bulat maka harus berhati-hati dalam memilih model hijab yang tepat. Apabila salah pilih maka jadinya wajah akan terlihat tembem. Bagi yang memiliki wajah berbentuk bulat maka dapat mensiasatinya dengan cara menggunakan undercaps agar bentuk wajah lebih oval.