Tak bisa dipungkiri, bahwa selama ini dunia kontes kecantikan selalu identik dengan perempuan-perempuan berpengetahuan luas dan bertubuh ideal. Bahkan, tak jarang dari mereka mengenakan busana yang sebisa mungkin menampakkan keindahan tubuh. Alhamdulilah kabar menyejukkan hadir di tahun ini, Miss England kedatangan ‘tamu’ yang berbeda dari kontestan biasanya.

Dia adalah Maria Mahmood yang tampil jadi salah satu kontestan ajang kecantikan Miss England 2018 dengan hijabnya. Perempuan 20 tahun ini menjadi satu-satunya kontestan yang tetap mengenakan hijab selama berkompetisi.

Seperti dilansir Cnnindonesia.com (2/4) Maria menuturkan, “Saya mengenakan hijab, Anda benar-benar mengenakan identitas sebagai Muslim. Dalam di masyarakat sekarang ini, kami (Muslim) tidak benar-benar dicintai,”

Keikutsertaannya di ajang kecantikan Inggris ini didasari karena keinginannya untuk melawan pandangan negatif yang dihadapi Muslim saat ini. Turut serta dalam kontes kecantikan membuatnya merasakan adanya tanggung jawab besar yang harus dipikulnya.

Sebelum berkompetisi di Miss England, Maria mengikuti kontes Miss Birmingham setelah seorang teman mengirim tautan pendaftaran. Ia tak yakin diterima karena tak seperti pendaftar lain, ia mengenakan hijab dan tak memiliki tubuh bak supermodel.

Selain itu dia pun khawatir dengan adanya sesi bikini di kompetisi tersebut. “Anda tak perlu khawatir, tak ada sesi bikini sama sekali,”kata Maria menirukan ucapan panitia penyelenggara kala itu.

Selain melawan steoreotip yang membelenggu Muslim, ia juga ingin membuktikan bahwa perundungan di masa kecil karena tampilannya tak akan membuatnya goyah. Apapun yang mereka katakan, lanjut Maria, tidaklah benar.

“Saya dulu dibully, dibilang jelek sehingga saya merasa ingin bunuh diri. Saya ingin menunjukkan bahwa saya tidak ingin seperti itu,”Ujarnya.

Memiliki tampilan yang berbeda dengan kontestan lain di Miss England membuatnya merasa grogi. Namun, ia berhasil memukau juri dan berhasil menempati posisi 10 besar. Ia pun berhasil menyabet gelar Runner up 1 dan memastikan posisinya di semi final.

Kini Maria mempersiapkan diri untuk babak semi final di Newark, Nottinghamshire pada Juli mendatang. Berbeda dengan Miss Birmingham, pada kontes Miss England terdapat sesi bikini. Menanggapi hal ini, Maria berkata dirinya belum memutuskan akan turut dalam sesi ini atau tidak.

“Ada busana bernama burkini tapi saya tidak tahu bagaimana rasanya. Saya membuat busana yang saya kenakan sehingga saya mungkin akan membuat sesuatu yang sesuai tapi masih berupa pakaian renang. Kita lihat saja nanti,” tutupnya.

Hanya saja mengutip The Express Tribune, Maria bukanlah perempuan muslim pertama yang mengikuti ajang ini. Sebelumnya seorang perempuan Muslim dinobatkan sebagai Miss England.