Saat berjilbab kita pernah mengalami rasa tidak nyaman, bukan karena kita berjilbab namun bahan jilbab yang kita gunakan kadang kurang cocok atau membuat kita tidak nyaman saat digunakan. Dalam berjilbab kita tentu harus memikirkan faktor kenyamanan ketika digunakan. Dalam berjilbab, ada beberapa hal yang harus kita perhatikan selain model dan motif jilbab yang kita gunakan. Tentu saja kita tidak ingin merasa gerah dan tidak nyaman ketika kita menggunakan jilbab selama seharian beraktivitas diluar rumah.

Dalam memakai jilbab, kita harus pandai memilih atau memperhatikan bahan jilbab yang akan kita gunakan. Jangan kita memakai jilbab yang memiliki model bagus dan sedang ngetrend namun bahan yang pilih tidak cocok, sehingga mengurangi rasa nyaman saat digunakan. Hal yang perlu di ingat adalah jangan tergiur dengan model yang bagus saja tapi pilihlah bahan yang nyaman dipakai beraktivitas seharian. Ada beberapa bahan-bahan kain yang nyaman dipakai untuk berjilbab, berikut rangkumannya.

Bahan Jilbab

Bahan Sifon / Chiffon
Bahan yang satu ini paling sering digunakan sebagai bahan jilbab atau kerudung. Bahan kain sifon saat ini banyak ditemui pada model jilbab/kerudung untuk pashmina serta bergo. Banyak para muslimah yang menggunakan bahan ini untuk kesehariannya. Untuk penggunaannya, sifon sangat nyaman digunakan karena ringan dan tipis sehingga tidak membuat gerah bagi yang menggunakan. Namun ada juga sebagian yang tidak menyukainya karena bahan ini licin dan tidak menyerap keringat.

Bahan Kaos
Bahan kaos sangat nyaman dan dingin saat dipakai. Banyak muslimah yang menyukai bahan kaos karena bisa menyerap keringat dan tidak panas saat digunakan. Bahannya yang lentur juga memudahkan membuat banyak para muslimah yang menggemari bahan ini.

Bahan Sutra
Bahan yang satu ini membutuhkan perawatan yang extra hati-hati karena bahan yang dimilikinya sangat lembut. Bahan sutra sangat nyaman untuk dikenakan karena lembut dan dingin. Jika anda menyukai bahan ini, sebaiknya anda lebih memilih sutra yang benar-benar lembut agar jilbab gampang di atur.

Bahan Spandex
Bahan spandex sama dengan kaos, akan tetapi bahan spandex lebih tipis da nada yang bercorak mengkilap. Bahan yang satu ini juga banyak digunakan untuk jilbab. Karena teksturnya yang lentur dan jatuh sehingga bagus untuk model jilbab yang variatif.

Bahan katun
Bahan katun juga dapat menyerap keringat, disamping itu juga bahan ini dingin saat dikenakan. Perawatan bahan kantun sangatlah mudah.