Pada jaman modern seperti saat ini, ada sebagaian wanita muslim yang mulai meninggalkan adab berpakaian yang sesuai dengan syariat islam karena besarnya pengaruh budaya asing atau barat yang masuk dan mulai mengkikis budaya lokal maupun budaya Islam.

Orang-orang yang saat ini masih tetap mempertahankan adab dalam berpakaian secara syar’I sering dianggap telah ketinggalan jaman atau orang yang tidak gaul. Cara berpakaian saat ini banyak berkiblat pada peradaban barat yang notabene banyak mengumbar aurat khususnya pada wanita.

Islam sudah mengatur sedemikian rupa bagaimana cara berpakaian yang baik. Berikut akan diulas beberapa adab berpakaian untuk wanita muslimah.

Adab Berpakaian Wanita Muslimah

Pakaian Haruslah menutup Aurat
Aurat dari seorang wanita adalah mencakup seluruh tubuh kecuali telapak tangan dan wajah. Dan sudah menjadi kewajiban dari seorang wanita muslimah untuk menutup semua aurat mereka. Dengan menggunakan pakaian yang sesuai dengan tuntunan Islam, niscaya akan terhindar dari bahaya seperti pandangan para lelaki maupun tindakan kejahatan lainnya. Sebagai wanita kita harus senantiasa untuk menjaga dan melindungi tubuh kita. Karena mencegah lebih baik dari pada mengobati.

Jangan Memakai Pakaian Yang Tipis
Seorang wanita muslim tidak dianjurkan untuk memakai pakaian yang tipis, bahkan dilarang menggunakan pakaian yang dapat menunjukan bagian tubuh atau lekuk tubuh anda. Apabila anda menggunakan pakaian yang tipis, maka tubuh anda pasti dapat dengan mudah dinikmati atau dipandang oleh para pria yang dikhawatirkan akan menimbulkan hal-hal yang buruk.

Tidak Boleh Memakai Pakaian Yang Terlalu Ketat Atau Sempit
Pakaian seorang wanita muslimah tidak diperbolehkan untuk memakai pakaian yang ketat atau melekat erat pada kulit tanpa adanya kelonggaran sedikitpun yang dapat membentuk tubuh jika dilihat dari luar. Penggunaaan pakaian seperti ini, walaupun ia menggunakan baju, tapi karena lekuk tubuhnya terlihat maka seolah-olah terlihat tidak menggunakan baju. Bagian tubuh yang seharusnya disembunyikan pun menjadi tidak tertutupi.

Jangan Memakai Pakaian Yang Mencolok
Seorang wanita muslimah tidak diperkenankan untuk menggunakan baju dengan warna yang mencolok, karena dikhawatirkan akan menarik perhatian para lelaki dan dapat memacu hawa nafsu dari laki-laki tersebut.

Tidak Boleh Memakai Wangi-Wangian
Seorang wanita muslimah dilarang untuk memakai wangi-wangian. Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda “Siapa saja perempuan yang memakai minyak wangi kemudian ia keluar, lalu ia melewati suatu kaum (orang banyak) supaya mereka mendapati (mencium) baunya, maka dia itu adalah perempuan zina/tuna susila.” (Hasan riwayat Ahmad, Nasa’i, Abu Dawud, Tirmidzi, Ibnu Hibban, Hakim, Ibnu Khuzaimah, dan Thahawi dari Abu Musa).

Tidak Memakai Pakaian untuk Bermegah-Megahan
Seperti yang telah diketahui bahwa Allah SWT tidak menyukai segala sesuatu yang berlebihan. Begitu pula dalam berpakaian dikenakan hanya untuk kesombongan atau bermegah-megahan semata itu sangat tidak dianjurkan dalam islam. Sebaiknya kita menggunakan pakaian yang sederhana namun sudah memenuhi ketentuan-ketentuan dalam islam.